BERBAGI ILMU YANG BERMANFAAT

Saturday, October 1, 2016

Bagaimana Daur (Siklus) Hidup Obelia sp ?


Bagaimana daur (Siklus) Hidup Obelia sp  ?

Pada artikel ini saya akan memberikan sedikit mngenai apa itu Siklus Hidup Obelia Sp seperti yang kita ketahui Obelia merupakan jenis Coelenterata yang hidup dalam air laut dan hidup secara berkoloni. Tubuhnya memeliki rangka luar yang mengandung kitin.
Hidupnya sebagai koloni polip, yakni polip hidrant yang memliki fungsi untuk makan dan polip gonangium yang berfungsi membentuk medusa dan dapat menghasilkan alat reproduksi.

Siklus Hidup Obelia Sp Pada Polip obelia dewasa yang bersifat diploid (2n) terdapat dua jenis polip. Yang pertama Polip Dengan Tentakel yang berfungsi untuk hal nutrisi (makanan) dan yang kedua Polip Tanpa Tentakel yang berfungsi sebagai reproduksi aseksual. Polip tanpa tentakel yang melakukan reproduksi secara aseksual itu menghasilkan Tunas Medusa. Tunas Medusa kemudian lepas dari polip dan tumbuh menjadi Medusa Dewasa. Medusa Dewasa itu ada yang menghasilkan Sel telur (Ovum) dan Sel sperma (Spermatozoid) . Ovum dan Sperma yang dilepaskan di air bertemu dan terjadilah fertilisasi. Fertilisasi yang terjadi di air akan menghasilkan Zigot 

Zigot berkembang menjadi Larva Planula. Larva Planula kemudian menempel di dasar laut dan tumbuh menjadi Koloni muda dan kemudaian tumbuh menjadi koloni dewasa (polip obelia dewasa).


Nah itulah penjelesan mengenai Siklus Hidup Obelia Sp kurang dan lebih nya mohon di maafkan sebagai catatan artikel ini di kutip dari tugas sekolah penulis yang berasal dari beberapa sumber seperti :

Buku Biologi SMA dan situs internet seperti wikipedia dan situs situs lainnya. 

Terima kasih telah berkunjung ke blog kami.. Salam pengetahuan. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bagaimana Daur (Siklus) Hidup Obelia sp ?

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berikan Komentar terbaik mu, boleh cantumkan link blog anda asalkan sesuai dengan topik materi