BERBAGI ILMU YANG BERMANFAAT

Tuesday, October 29, 2013

Contoh Essay Dunia Fashion Bagi Islam


Dunia Fashion Bagi Islam

Di zaman modern sekarang ini semuanya serba canggih, terjadi perubahan yang sangat pesat. Bukan hanya di bidang teknologi akan tetapi di dunia fashion pun juga sudah sangat luar biasa. Hal ini dapat dilihat di berbagai media informasi, baik itu media cetak maupun media elektronik. Dunia fashion tidak mengenal suku, agama, ras bahkan umur seseorang. Banyaknya model pakaian membuat orang berlomba untuk memilikinya.
Jika kita amati dunia di era modern sekarang ini, khususnya di bidang fashion. Jelas terlihat bahwa model pakaian pakaian sekarang sudah sangat bagus, begitu indah, dan tidak main-main dengan harga yang bisa mencapai ratusan juta. Seseorang rela mengeluarkan uang untuk mendapatkan satu dua lembar pakaian tanpa ia sadari. Apalagi memiliki pakaian yang bermerek memberikan dampak tersendiri bagi pemiliknya. Mereka akan terlihat bangga memakai pakaian yang bermerek.
Berbicara tentang dunia fashion bagi islam di era sekarang ini, sangat jauh dari ketentuan islam. Dilihat secara sekilas akan model memang bagus, akan tetapi setelah di lihat secara saksama sangat bertentangan dengan ketentuan islam. Katanya lengan panjang, tidak memperlihatkan bentuk tubuh, bisa menutup aurat. Apanya yang menutup aurat kalau terbuat dari kain yang begitu tipis tanpa lapisan dalam yang tebal. Menutup aurat bagi seorang muslim hukumnya wajib. Salah satunya bagi perempuan memakai jilbab merupakn hal yang sangat penting. Sekarang ini juga banyak model jilbab (berhijab) yang cantik dipandang mata. Akan tetapi dari model-model tersebut sama saja bohong karena rata-rata menggunakan kain yang tipis. Banyak muslim yang memakai jilbab hanya menganggap sebagai gaya (tren), bukan untuk menutup aurat. Mereka begitu terpengaruh dengan gaya dan model fashion sekarang yang tak punya etika dan moral. Mereka tidak lagi memikirkan baik dan buruknya.

Apabila kita melihat dunia fashion bagi non-muslim, sangat jauh perbedaannya. Islam memandang bahwa dunia fashion sekarang ini sangat bertentangan dengan agama. Akan tetapi bagi non-muslim ini merupakan hal yang biasa-biasa saja karena budaya mereka yang tidak terikat akan aturan pakain seperti orang muslim. Fashion sekarang ini merupakan salah satu penjajahan kepada orang muslim, secara tidak sadar budaya non-muslim sedikit demi sedikit  memberikan pengaruh yang sangat besar bagi orang muslim yang tak mampu menyaring pengaruh tersebut. Dibutuhkan kesadaran untuk setiap muslim agar menyadari diri masing-masing sebagai orang muslim yang taat kepada agama.
Dapat kita simpulkan bahwa dunia fashion di era modern sekarang ini membawa perubahan yang sangat luar biasa bagi dunia. Tidak memandang umur, agama, suku, dan ras. Semua orang belomba untuk memiliki pakain yang bermerek, mereka begitu bangga memakai pakaian yang bermerek meskipun pakain itu tidak sesuai dengannya. Dalam memilih pakaian sebaiknya disesuaikan dengan kondisi masing-masing, terutama jika di lihat dari sudut pandang agama. Khususnya bagi seorang muslim pilihlah pakaian yang dapat menutup aurat. Jangan memilih pakaian hanya untuk bergaya, sekedar membeli hanya untuk mengikuti mode (tren) sekarang ini. Agar kita dapat terhindar dari dosa.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Essay Dunia Fashion Bagi Islam

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berikan Komentar terbaik mu, boleh cantumkan link blog anda asalkan sesuai dengan topik materi