BERBAGI ILMU YANG BERMANFAAT

Sunday, September 13, 2015

10 Galaksi Menakjubkan yang Berhasil Diamati Astronom

10 Galaksi Menakjubkan yang Berhasil Diamati AstronomGalaksi merupakan sebuah sistem masif yang terikat gaya gravitasi dimana didalamnya terdapat berbagai macam objek-objek luar angkasa seperti planet, bintang , komet, asteroid, dan berbagai objek lainnya. Galaksi sendiri berasal dari kata "Galaxias" yang merupakan kata yang berasal dari bahasa Yunani, kata tersebut memiliki arti "lingkaran susu" Di alam semesta yang teramati ini diperkirakan terdapat lebih dari 170 miliar galaksi, dimulai dari galaksi katai yang didalamnya terdapat sekitar 10 juta bintang hingga galaksi raksasa yang terdiri dari 100 triliun bintang. Namun, pada postingan kali ini saya akan diperlihatkan 10 Galaksi yang menakjubkan yang berhasil diamati baik itu menggunakan teleskop Hubble maupun dengnan teleskop canggih lainnya.

Berikut 10 Galaksi Menakjubkan yang Berhasil Diamati Astronom

Bima Sakti (Milky Way) 
Galaksi Bima Sakti (Milky Way Galaxy)
Bima Sakti (Milky Way atau Via Lactea), adalah galaksi spiral raksasa yang didalamnya terdapat 300 miliar bintang. Galaksi bima sakti diperkirakan memiliki total masa sekitar 1250 miliar massa matahari dan diperkirakan telah ada sekitar 13.2 miliar tahun setelah terbentuknya. Di dalam Galaksi ini pulalah sistem tata surya kita berada dimana dalam tata surya tersebut terdapat Bumi yang saat ini kita huni. Galaksi bimasakti memiliki diameter 100.000 tahun cahaya dengan ketebalan 1.000 tahun cahaya.

Galaksi Andromeda (Messier 31 atau NGC 224)
Image Credit & Copyright: Dieter Beer  & Patrick Hochleitner 
Galaksi Andromeda (Messier 31 atau NGC 224) adalah galaksi spiral yang memiliki panjang lebih dari 220.000 tahun cahaya, terletak sekitar 2,54 juta tahun cahaya di konstelasi Andromeda. Galaksi ini adalah galaksi terbesar dari Grup Lokal, yang juga berisi Bima Sakti, yang Triangulum Galaxy (M33), dan sekitar 30 galaksi kecil lainnya. Meskipun terbesar, Andromeda mungkin bukan yang paling besar, seperti temuan terakhir menunjukkan bahwa Bima Sakti berisi materi yang lebih gelap dan bisa menjadi yang paling besar dari dua. Perkiraan massa untuk Andromeda (termasuk materi gelap) memberikan nilai sekitar 1,2 triliun massa matahari dibandingkan dengan 1,9 triliun massa matahari untuk Bima Sakti. Tapi, Andromeda memiliki kepadatan bintang lebih tinggi dari Bima Sakti. Andromeda berisi satu triliun bintang: setidaknya dua kali jumlah bintang di Bima Sakti kita, yang diperkirakan 200-400.000.000.000. Mungkin ada beberapa lubang hitam atau bintang neutron bintang di Andromeda, yang memanaskan gas hingga jutaan kelvin dan memancarkan sinar-X.

NGC 1232

Galaksi NGC 1232 (Image Credit: ESO/VLT)
NGC 1232 adalah galaksi spiral cepat yang memiliki panjang sekitar 200.000 tahun cahaya (hampir dua kali ukuran Bima Sakti kita), yang terletak sekitar 61 juta tahun cahaya di konstelasi Eridanus (The River). Galaksi ini bersinar dengan cahaya yang sangat terang, dikarenakan di dalamnya terdapat sekitar 50 miliar bintang yang menyerupai Matahari dan sekitar 2,2 kali seterang Bima Sakti. Galaksi didominasi oleh jutaan bintang terang dan debu gelap pada bagian yang dekat dengan pusatnya, sedangkan pada bagian lengan spiralnya terdiri dari bintang biru. Bersama dengan galaksi satelitnya NGC 1232A (sekitar 68 juta tahun cahaya, terlihat di kiri bawah) mereka juga dikenal sebagai Arp 41. Keduanya adalah anggota dari cluster Eridanus galaksi. NGC 1232 bergerak menjauh sekitar 1603 kilometer per detik sedangkan NGC 1232A bergerak dengan kecepatan 6599 kilometer per detik.

Galaksi Mata Hitam  (Messier 64)
Galaksi Mata Hitam (Image Credit: NASA/ESA)
Galaksi Mata Hitam (juga dikenal sebagai NGC 4826, Galaksi Putri Tidur atau Galaksi Mata Iblis) adalah galaksi spiral yang terletak sekitar 51.000 tahun cahaya dari galaksi kita, yang terletak sekitar 17 juta tahun cahaya di konstelasi Coma Berenices utara (Berenice rambut). Galaksi ini adalah anggota dari kelompok kecil galaksi yang dikenal sebagai Canes Venatici I Cloud atau kelompok M94. Pada awalnya para astronom mengira bahwa Galaksi ini sama halnya dengan galaksi spiral lainnya yang berotasi sesuai dengan arah jarum jam, namun penelitian terbaru mengungkapkan galaksi ini terdiri dari 2 sistem rotasi. Dimana pada sekitar 3.000 tahun cahaya dari pusat galaksi mengalami perputaran sekitar 300 kilometer per detik melawan arah jarum jam. Hal tersebut terjadi mungkin karena adanya ledakan yang kuat dari pembentukan bintang yang saat ini sedang berlangsung di galaksi.

NGC 1512 
NGC 1512 (Image Credit: NASA/JPL-Caltech)
NGC 1512 adalah galaksi spiral yang memiliki panjang sekitar 70.000 tahun cahaya, yang terletak sekitar 30 juta tahun cahaya dari Bumi di konstelasi selatan Horologium, ketika sedang bergerak menjauhi kita pada sekitar 898 kilometer per detik. Ini adalah anggota dari Dorado Kelompok galaksi. Lengan spiral panjang galaksi ini terlalu redup dalam cahaya tampak sehingga sulit untuk kebanyakan teleskop mendeteksiny, sehingga dibutuhkan teleskop dengan sinar ultraviolet untuk bisa melihat lengan spiralnya.

Galaksi Kembang Api (NGC 6946 atau Arp 29)
Image Credit & Copyright: Subaru Telescope, National Astronomical Observatory of Japan (NAOJ)
Galaksi Kembang Api atau yang dalam bahasa inggrisnya disebut Fireworks Galaxy (NGC 6946 atau Arp 29) adalah sebuah galaksi spiral menengah yang memiliki panjang sekitar 75 ribu tahun cahaya, yang terletak hanya beberapa 22,5 juta tahun cahaya, di perbatasan antara konstelasi Cepheus utara dan Cygnus (Swan). Galaksi ini bergerak menjauh sekitar 40 kilometer per detik. Galaksi ini memiliki diameter sekitar 2.000 tahun cahaya dan terdiri dari kelompok gugus bintang yang sangat bercahaya, masing-masing mirip dengan kelompok bintang muda terang di galaksi Bima Sakti kita. Pusat Galaksi kembang api ini adalah rumah bagi Starburst nuklir, pada kenyataannya, galaksi ini sedang mengalami ledakan besar pembentukan bintang tanpa penyebab yang jelas. NGC 6946 disebut "Galaksi Kembang Api atau fireworks galaksi" karena begitu banyak supernova telah terlihat di sana dalam seratus tahun terakhir. Sebenarnya, sembilan supernova (SN 1917A, SN 1939C, SN 1948B, SN 1968D, SN 1969P, SN 1980K, SN 2002hh, SN 2004et, dan SN 2008s) telah diamati di lengan spiral galaksi ini.

Galaksi Baling-baling (NGC 7479) 
Image Credit & Copyright: Adam Block/Mount Lemmon SkyCenter/University of Arizona
Galaksi Baling-baling atau yang dalam bahasa inggrisnya disebut the Propeller Galaxy (NGC 7479) adalah galaksi spiral yang terletak sekitar 105 juta tahun cahaya dari Bumi di konstelasi utara Pegasus (Kuda bersayap), Galaksi ini bergerak sekitar 2.381 kilometer per detik. Galaksi Baling-baling atau propeller galaxy memiliki struktur yang sangat asimetris dan berbentuk sperti huruf “S” terbalik, karena galaksi ini berputar berlawanan arah jarum jam. NGC 7479 juga diklasifikasikan sebagai galaksi Seyfert, galaksi dengan cahay sangat terang, inti galaksi aktif (AGN), yang berisi lubang hitam supermasif.

Galaksi Bunga Matahari (Messier 63 atau NGC 505)


Image Credit & Copyright: R. Jay GaBany, Cosmotography

The Sunflower Galaxy atau Galaksi Bunga Matahari (juga dikenal sebagai Messier 63 atau NGC 5055) adalah galaksi spiral dengan panjang hampir 100.000 tahun. Galaksi ini terletak sekitar 37 tahun cahaya di konstelasi utara kecil Canes Venatici (Hunting Dogs), kalaksi ini bergerak 504 kilometer per detik. Galaksi NGC 5055 adalah bagian dari M51 Group, sekelompok galaksi yang juga mencakup Whirlpool Galaxy (Messier 51).

Galaksi spiral kerdil (NGC 6503)


Image Credit & Copyright: Robert Gendler, the Subaru Telescope (NAOJ) 
NGC 6503 (juga dikenal sebagai UGC 11012) adalah galaksi spiral kerdil yang memiliki panjang sekitar 30.000 tahun cahaya (hanya sekitar sepertiga dari ukuran galaksi Bima Sakti kita), yang terletak sekitar 17 juta tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Draco (Naga). Galaksi ini bergerak sekitar 25 kilometer per detik.

NGC 4725 
Image Credit & Copyright: Robert Gendler, the Subaru Telescope (NAOJ) 
NGC 4725 adalah galaksi spiral yang memiliki panjang lebih dari 100 ribu tahun cahaya, terletak sekitar 41 juta tahun cahaya dari Bumi di konstelasi utara Coma (Berenice Hair) Berenices, bergerak sekitar 1206 kilometer per second. Galaksi ini adalah anggota dominan dari Subkelompok Coma II atau NGC 4725 Group, sebuah kelompok kecil galaksi yang juga mencakup NGC 4712 (spiral galaksi di sisi kanan dalam gambar), NGC 4747 , baik pada jarak sekitar 200 juta tahun cahaya dan PGC 86434, pada jarak sekitar 50 juta tahun cahaya.

Demikianlah postingan saya mengenai 10 Galaksi Menakjubkan yang berhasil diamati Astronom, dari postingan tersebut terlihatlah bahwa alam semesta ini sangat luas bahkan belum diketahui ujungnya. Hal tersebut menggambarkan betapa besarnya kekuasaan pencipta-Nya, yang tidak lain adalah Allah SWT. Semoga postingan ini juga memberikan perbandinggan betapa kecilnya kita di dunia ini, sehingga kita tidak boleh sama sekali melangkah dengan penuh kesombongan. Terimakasih!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 10 Galaksi Menakjubkan yang Berhasil Diamati Astronom

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berikan Komentar terbaik mu, boleh cantumkan link blog anda asalkan sesuai dengan topik materi