BERBAGI ILMU YANG BERMANFAAT

Wednesday, September 16, 2015

Membunuh Sel Kanker dengan Cryosurgery

Para dokter saat ini sedang menguji suatu metode baru untuk menggunakan Cryosurgery untuk memusnahkan beberapa jenis kanker. Awalan Cryo- berarti dingin atau membeku. Cryosugery adalah penggunaan suhu ekstrim (sangat) dingin untuk memusnahkan jaringan yang sakit. ini bukanlah teknik baru, para dokter kulit telah menggunakan cryosurgery selama bertahun-tahun untuk memusnahkan tumor kulit. Yang baru adalah cara dimana cryosurgery sekarang dapat digunakan untuk memusnahkan kanker di dalam tubuh.

Ketika sel-sel kanker menyebar melalui tubuh, satu diantara banyaknya organ-organ dalam yang bisa dijangkitinya adalah hati (liver). Pembedahan secara konvensional untuk kanker hati sangatlah rumit dan berbahaya (bahkan kadang-kadag tidak mungkin dilakukan). Hanya sedikit pasien kanker yang dapat bertahan lebih dari setahun setelah pembedahan.
Cryosurgery, metode baru membunuh sel kanker

Bagaimana Cryosurgery membunuh sel kanker? Cryosurgery memanfaatkan sebuah piranti kecil untuk membekukan tumor. Begitu piranti tersebut berhasil disisipkan kedalam hati, piranti akan mengeluarkan nitrogen cair pada suhu kira-kira -200C untuk membekukan tumor serta membunuh sel-sel kankernya. Ahli bedah dapat mengamati proses yang memerlukan waktu kira-kira 15 menit ini pada suatu layar monitor ultrasonik.

Umur bertahan hidup pasien-pasien kanker hati yang menjalani cryosurgery ternyata jauh lebih lama daripada yang menjalani pembedahan secara konvensional. Karena itu para dokter menyempurnakan teknik ini dan mengembangkan penggunaannya untuk memusnahkan tumor-tumor dibagian tubuh lainnya, termasuk tumor otak.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Membunuh Sel Kanker dengan Cryosurgery

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berikan Komentar terbaik mu, boleh cantumkan link blog anda asalkan sesuai dengan topik materi