BERBAGI ILMU YANG BERMANFAAT

Sunday, September 13, 2015

Tips untuk Mencegah Batu Ginjal

Batu ginjal timbul karena adanya pengkristalan kalsium dan fosfor
Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang terpenting bagi kita, namun apa jadinya jika ginjal kita mengalami atau terkena suatu penyakit? Pasti tubuh kita akan mengalami sakit yang luar biasa dan tubuh akan dipenuhi oleh racun dikarenakan fungsi ginjal sebagai, penyaring darah dari berbagai macam racun yang masuk ke dalam tubuh tidak maksimal.

Salah satu penyakit yang sering terjadi pada ginjal adalah penyakit batu ginjal, dimana batu ginjal ini timbul dikarenakan banyaknya kandungan kalsium dan fosfor di dalam urine kita sehingga membentuk kristal. Nah ketika hal ini dibiarkan, maka kristal tersebut akan semakin membesar sehingga timbul lah batu ginjal.
Untuk mencegah terbentuknya batu ginjal tersebut maka kita harus mengkonsumsi makanan yang sehat. Berikut beberapa makanan yang baik dikonsumsiuntuk mencegah batu ginjal.

Getah lidah buaya
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Khon Kaen University, Thailand. Mengungkapkan bahwa getah lidah buaya dapat mengubah komposisi kimia pada urine dan dapat mencegah batu ginjal, ini didapatkan setelah melakukan survei pada 31 pria dengan rentang umur 18-23 tahun yang disarankan untuk mengkonsumsi setidaknya 100 gram getah lidah buaya setiap harinya.

Selada
SeladaSalah satu penyebab batu ginjal adalah kurangnya konsumsi air, nah selada ini mengandung 96 persen air otomatis ketika kita mengkonsumsinya kebutuhan air kita dapat terpenuhi.
Daun bunga dandelion
Bunga dendelion juga dapat mengurangi batu ginjal ketika dikonsumsi karena kandungan kalsiumnya sangat tinggi.

Jus jeruk
Nah, yang satu ini sangat nikmat dikonsumsi ketika sedang gerah karena cuaca yang sangat panas. Namun, tahukah andadengan mengkonsumsi jus jeruk secara rutin dapat mencegah terbentuknya batu ginjal karena kandungan sitrat dala jeruk sangat tinggidimana kandungan sitrat ini menekan pertumbuhan kristal dari urine.

Jes lemon
Selain jus jeruk, jus lemon juga dapat mencegah tumbuhnya batu ginjal, dikarenakan kandungan sitratnya yang tinggi, serta kaya akan vitamin dan mineral. Bahkan, kandungan sitrat pada jus lemon jauh lebih tinggi dibandingkan jus jeruk.
Demikianlah beberapa makanan yang dapat mencegah batu ginjal...mungkin kesemuanya diatas hanya sebagian kecil dari makanan-makanan sehat yang bisa mencegah batu ginjal, semoga dapat menjadi referensi kesehatan bagi agan-agan sekalian. Dan salam sehat!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips untuk Mencegah Batu Ginjal

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berikan Komentar terbaik mu, boleh cantumkan link blog anda asalkan sesuai dengan topik materi