BERBAGI ILMU YANG BERMANFAAT

Sunday, July 30, 2017

Kumpulan Soal Jawab Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) Bagian 1

1. Jelaskan perbedaan yang paling mendasar antara demokrasi pancasila era orde baru dengan era reformasi ?
Jawaban : 
Demokrasi pada masa orde baru merupakan demokrasi konstitusional yang menonjolkan sistem presidensial. Lamdasannya adalah UUD 1945 dan ketetapan MPR/MPRS. Namu dalam perkembangannya peran presiden semakin dominan terhadap lembaga negara. Sedangkan pada era reformasi bertumpu pada kekuatan multi partai yang berusaha mengembalikan kekuatan antar lembaga negara, esekutif, legislatif dan yudikatif. Pada masa ini peran paratai polotik sangat menonjol.

2. Bagaimana upaya membina kesadaran berdemokrasi di indonesia saat ini ? Jelaskan berdasarkan teori atau konsep yang anda ketahui !
Jawaban :
Menurut teori pengetahuan bahwasanya segala tindakan dipengaruhi oleh pengetahuan maka berlandas pada teori ini saya mengatakan kalau ingin membina kesdaran demokrasi harus melaui pengetahuan mengenai kesadaran berdemokrasi. Tentu saja ini harus dimulai dari tingkat pendidikan paling rendah semapai ke perguruan tinggi, agar teori ini dapat terealisasikan dengan baik dan terbina masyarakat yang berkesaadaran akan demokrasi.

3. Aksi demonstrasi yang terjadi di berbagai derah di indonesia saat ini cenderung bersifat anarkis,bahkan sering terjadi kekerasan. Menurut saudara langkah langkah yang harus di tempuh untuk mengatasi masalah ini ?
Jawaban:
Menurut senior saya yang sering berdemo bahwa aksi anarkis dalam berdemo sangat diperlukan agar suara yang kita teriakkan dapat didengar oleh para penguasa. Hal ini bertujuan agar mendapat perhatian dalam melakukan aksi demonstrasi. Hal ini bisa saja tidak kita lakukan jika dalam melakukan demo tanpa anarki suara yang kita teriakkan dapat didengar. Berdasarkan ini lankah-langkah yang harus ditempuh adalah :
  • Menimbulkan kesadaran para pemimpin untuk siap dikritik dan mampu mendengarkan aspirasi rakyat
  • Menimbulkan kesadaran para pendemo bahwa aksi anarkis sangat merugikan banyak pihak.
  • Saling menghargai antara pemimpin dan rakyat. 
4. Bagaimanakah seharusnya implemantasi hak dan kewajiban warga negara yang sesuai  dengan UUD 1945 ? Jelaskan secara tegas, jujur dan proporsional !
Jawaban:
Implementasinya itu, warganegara harus berlaku adil terhadap kesamaan hak dan kewajiban dan menjunjung hukum dan pemerintahan. Warganegara harus mendapat pekerjaan dan penghidupan yang layak baginya. Warganegara harus ikut serta dalam membela negaranya.

Baca juga : Kumpulan Soal Jawab PKN Bagian 2

5. Bela Negara merupakan hak dan kewajiban setiap warga negara. Mengapa Bela Negara wajib dilaksanakan oleh setiap warganegara Indonesia ? Jelaskan !
Jawaban :
Bela negara merupakan syarat paling penting yang harus ditanamkan pada setiap warganegara. Kecintaan pada negara akan membuahkan tindakan  untuk membela dan mempertahankan eksistensi apa yang dicintainya yaitu negaranya. Jadi keharusan setiap warga negara membela negaranya adalah untuk mempertahnkan negaranya itu.

6. Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini, perlu ditumbuh kembangkan kesadaran nasionalisme dan patriotisme, terutama dikalang aparatur Negara. Apa yang anda ketahui tentang nasionalisme  dan patriotisme ?
Jawaban:
Nasionalisme adalah satu paham yang menciptakan dan mempertahankan kedaulatan sebuah negara (dalam bahasa Inggris “nation”) dengan mewujudkan satu konsep identitas bersama untuk sekelompok manusia. Patriotisme adalah sikap yang berani, pantang menyerah dan rela berkorban demi bangsa dan negara. Patriotisme berasal dari kata “patriot” dan “isme” yang berarti sifat kepahlawanan atau jiwa pahlawan, atau “heroism” dan “patriotism” dalam bahasa Inggris. Pengorbanan ini dapat berupa pengorbanan harta benda maupun jiwa raga.

7. Salah satu tantangan berat yang dihadapi oleh bangsa Indonesia saat ini adalah penegakkan supremasi hukum dan HAM. Faktor-faktor apa yang menghammbat upaya penegakkan hukum dan HAM di Indonesia saat ini ? Jelaskan !
Jawaban:
Hukum dan HAM yang terdapat di indonesia sudah sangat baik. Tetapi kemudian dalam pelaksanaan terdapat berbagai hambatan. Hal ini di karenakan oknum yang menjalankan hukum dan implementasi hak menyalahi hukum itu sendiri. Oleh karena itu perlu di tingkatkan kesadaran dalam menjalankan hukum dan hak sesuai dengan hukum dan hak itu sendiri. Jika ini sudah tertanakam dalam benak setiap orang yang terlibat dengan hukum dan hak maka akan terwujud pengimplementasian hukum dan hak sesuai dengan konsep hukum dan hak yang baik.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kumpulan Soal Jawab Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) Bagian 1

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berikan Komentar terbaik mu, boleh cantumkan link blog anda asalkan sesuai dengan topik materi