RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
Sekolah : SMA NEGERI 3 SENGKANG
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/ Semester : X / I (satu)
Tahun Pelajaran : 2015 / 2016
Materi Pokok : Analisis Vektor untuk Gerak Parabola
Sub Materi : Gerak Parabola (kecepatan dan posisi pada waktu tertentu)
Alokasi Waktu : 2 kali pertemuan @ (2 x 45 menit)
PERTEMUAN 1
A. Kompetensi Inti (KI)
KI 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
KI 2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya.
Indikator
1.1.1 Menunjukkan kekaguman akan kebesaran Tuhan yang menciptakan alam semesta, khususnya fenomena alam yang berkaitan dengan gerak parabola.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan, melaporkan, dan berdiskusi.
Indikator
2.1.1 Menunjukkan sikap rasa ingin tahu dan jujur dalam mengumpulkan informasi tentang konsep gerak parabola.
2.1.2 Menunjukkan sikap kritis dan bekerjasama dalam melakukan praktikum dan diskusi kelompok.
3.5 Menganalisis gerak parabola dengan menggunakan vektor, berikut makna fisisnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Indikator
3.5.1 Mendeskripsikan karakteristik gerak parabola
3.5.2 Mengaitkan konsep gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) dalam gerak parabola
3.5.3 Menganalisis hubungan kecepatan benda dan posisi pada waktu tertentu pada gerak parabola.
3.5.4 Menggambar lintasan benda beserta gaya-gaya (besaran) benda selama bergerak parabola
3.5.5 Menginterpretasi grafik gerak parabola suatu benda
4.5 Mempresentasikan data hasil percobaan gerak parabola dan makna fisisnya
Indikator
Indikator
4.5.1 Melakukan praktikum simulasi virtual tentang gerak parabola
4.5.2 Mempresentasikan hasil analisis data yang diperoleh dalam praktikum simulasi virtual gerak parabola
4.5.3 Menyimpulkan hasil praktikum simulasi virtual gerak parabola
C. Tujuan Pembelajaran
1.1.1 Diberikan simulasi virtual dan video penerapan gerak parabola menggunakan aplikasi PhET, peserta didik mampu menunjukkan kekaguman akan kebesaran Tuhan yang menciptakan alam semesta, khususnya fenomena alam yang berkaitan dengan gerak parabola.
2.1.1 Melalui praktikum simulasi virtual menggunakan aplikasi PhET dan studi pustaka, peserta didik mampu menunjukkan sikap rasa ingin tahu dan jujur dalam mengumpulkan informasi tentang konsep gerak parabola.
2.1.2 Melalui praktikum simulasi virtual menggunakan aplikasi PhET dan diskusi kelompok, peserta didik mampu menunjukkan sikap kritis dan bekerjasama.
3.5.1 Diberikan simulasi virtual menggunakan aplikasi PhET, studi pustaka, dan diskusi kelompok, peserta didik mampu mendeskripsikan karakteristik gerak parabola dengan tepat dan benar selama paling lama 5 menit.
3.5.2 Diberikan simulasi virtual menggunakan aplikasi PhET, studi pustaka, dan diskusi kelompok, peserta didik mampu mengaitkan konsep gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) dalam gerak parabola dengan tepat dan benar selama paling lama 10 menit.
3.5.3 Diberikan simulasi virtual menggunakan aplikasi PhET, studi pustaka, dan diskusi kelompok, peserta didik mampu menganalisis hubungan kecepatan benda dan posisi pada waktu tertentu pada gerak parabola dengan tepat dan benar selama paling lama 15 menit
3.5.4 Melalui praktikum simulasi virtual menggunakan aplikasi PhET, studi pustaka, dan diskusi kelompok, peserta didik mampu menggambar lintasan benda yang bergerak parabola beserta gaya-gaya dalam lintasan tersebut dengan tepat dan benar selama paling lama 10 menit
3.5.5 Melalui praktikum simulasi virtual menggunakan aplikasi PhET, studi pustaka, dan diskusi kelompok, peserta didik mampu menginterpretasi grafik gerak parabola suatu benda secara tepat dan benar selama paling lama 15 menit
4.5.1 Melalui praktikum simulasi virtual menggunakan aplikasi PhET dan diskusi kelompok, peserta didik secara berkelompok (5 orang) mampu melakukan praktikum simulasi virtual tentang gerak parabola dengan tepat dan benar paling lama 15 menit.
4.5.2 Melalui praktikum simulasi virtual menggunakan aplikasi PhET dan diskusi kelompok, peserta didik secara berkelompok (5 orang) mampu mempresentasikan hasil analisis data yang diperoleh dalam praktikum simulasi virtual menggunakan aplikasi PhET dengan lancar dan benar selama paling lama 25 menit untuk semua kelompok.
Melalui praktikum simulasi virtual menggunakan aplikasi PhET dan diskusi kelompok, peserta didik secara individu mampu menyimpulkan hasil praktikum simulasi virtual tentang gerak parabola dengan tepat dan benar paling lama 5 menit.
E. Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran
- Pendekatan : Saintifik
- Model Pembelajaran : Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal (M-AGUS-M)
- Metode : Studi pustaka, diskusi, observasi, dan presentasi
- Media/Alat : Simulasi Gerak Parabola PhET, Laptop dan perangkat LCD/Proyektor
- Bahan Ajar
G. Sumber Belajar
- Kanginan, M. 2004. Fisika untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.
- Siswanto & Sukaryadi. 2009. Kompetensi Fisika. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Untuk lebih lengkapnya, RPP Pertemuan 1
0 komentar:
Post a Comment
Silahkan berikan Komentar terbaik mu, boleh cantumkan link blog anda asalkan sesuai dengan topik materi