BERBAGI ILMU YANG BERMANFAAT

Tuesday, October 22, 2019

Cara Mencari Gagasan Utama Paragraf Beserta Contohnya

Mencari Gagasan Utama Paragraf

Pengertian Gagasan Utama

Ide pokok atau gagasan utama adalah gagasan yang mendasari pembuatan sebuah paragraf. Ide pokok inilah yang kemudian dikembangkan lagi oleh ide pendukung/penjelas sehingga menjadi paragraf yang utuh.

Gagasan Utama Paragraf
Gagasan utama paragraf adalah gagasan yang terdaftar di dalam kalimat utama, yang diperjelas oleh gagasan penjelas, dan yang menjadi inti/pokok pembahasan suatu paragraf. Oleh karena itu, gagasan utama paragraf itu sama dengan ide pokok paragraf, pokok pikiran paragraf, atau pikiran utama paragraf.

Gagasan penjelas paragraf adalah gagasan yang terdapat di dalam kalimat penjelas, yang berfungsi memperjelas gagasan utama, dan tidak menjadi inti/pokok pembahasan suatu paragraf. Gagasan penjelas bisa berupa contoh-contoh, bukti-bukti, data-data, fakta-fakta, penjabaran, detail, dan lain sebagainya yang digunakan untuk memperjelas gagasan utama.

Contoh:
(1) Rumah temanku sungguh tampak mewah mengagumkan. (2)Dinding-dinding rumah bagian dalam dihiasi permata. (3)Lantainnya terbuat dari marmer. (4) Pintu-pintu kamar terbuat dari emas. (5) Meja kursi terbuat dari bahan aluminium dan monel.

Antara gagasan dan kalimat itu ibarat nyawa dan raganya. Kalimat adalah raga atau fisiknya, sedangkan gagasan adalah nyawa atau ruhnya. Kalimat utama adalah paragraf contoh tersebut adalah kalimat 1, sedangkan kalimat penjelasannya adalah kalimat 2 s.d 5. Oleh karena itu, gagasan utama paragraf tersebut adalah rumah temanku mewah mengagumkan (gagasan kalimat 1), sedangkan gagasan penjelasannya adalah dinding rumah dihiasi permata, lantai terbuat dari marmer, pintu kamar terbuat dari emas, dan meja-kursi terbuat dari aluminium dan monel (gagasan kalimat 2 s.d 5).


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mencari Gagasan Utama Paragraf Beserta Contohnya

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berikan Komentar terbaik mu, boleh cantumkan link blog anda asalkan sesuai dengan topik materi