BERBAGI ILMU YANG BERMANFAAT

Saturday, November 9, 2019

Pengertian, Jenis Simbiosis Serta Contohnya :: Materi IPA SD Kelas IV

Hubungan Antarmakhluk Hidup

Pada hakikatnya manusia, hewan, dan tumbuhan saling membutuhkan  satu sama lain.

1. Simbiosis
Simbiosis adalah hubungan antara dua jenis makhluk hidup yang berbeda. Simbiosis dibedakan menjadi tiga jenis yaitu simbiosis mutualisme, komensalisme, dan parasitisme.

a. Simbiosis Mutualisme
Simbiosis mutualisme merupakan hubungan timbal balik antara dua jenis makhluk hidup yang berbeda, dimana keduanya saling mendapatkan keuntungan. Contoh simbiosis mutualisme:

1) Kupu-kupu yang hinggap di bunga
Kupu-kupu diuntungkan karena mendapatkan sumber makanan berupa nektar (sari bunga) dari bunga yang dihinggapinya. Tanaman juga diuntungkan karena kehadiran kupu-kupu dapat membantu penyerbukan. Pada saat kupu-kupu menghisap nektar, serbuk sari jatuh ke kepala putik sehingga terjadilah penyerbukan.

2) Burung jalak dengan kerbau
Burung jalak diuntungkan karena mendapatkan makanan berupa kutu kerbau dari tubuh kerbau. Kerbau juga diuntungkan karena kutu yang mengganggu tubuhnya dimakan oleh burung jalak

3) Bakteri E.coli pada usus manusia
Manusia diuntungkan karena bekteri E.coli membantu membusukkan sisa-sisa makanan pada usus manusia. Bakteri E.coli juga diuntungkan karena mendapatkan sisa-sisa makanan pada usus manusia

b. Simbiosis Komensalisme
Simbiosis komensalisme adalah hubungan timbal balik antara dua jenis makhluk hidup yang berbeda, dimana salah satu diuntungkan dan yang lainnya tidak diuntungkan maupun dirugikan. Contoh simbiosis komensalisme:

1) Anggrek yang menempel pada tumbuhan inangnya (tumbuhan yang ditumpangi)
Anggrek diuntungkan karena dapat hidup menempel pada tumbuhan inang. Sementara tumbuhan inang tidak dirugikan maupun diuntungkan karena anggrek tidak mengabil sari-sari makanan dari tumbuhan inang. Anggrek memiliki klorofil sehingga dapat berfotosintesis (menghasilkan makanan sendiri).

2) Sirih pada tumbuhan inang
Sirih mendapatkan keuntungan mendapatkan tempat merambat, sedangkan tumbuhan inang tidak mendapatkan keuntungan maupun kerugian

3) Ikan hiu dan ikan remora
 Ikan remora menempel pada ikan hiu untuk mendapatkan sisa-sisa makanan dari ikan hiu. Sementara ikan hiu tidak dirugikan dan juga tidak diuntungkan oelh keberadaan ikan remora

c. Simbiosis Parasitisme
Simbiosis parasitisme merupakan hubungan antara dua jenis makhluk hidup yang berbeda, dimana salah satu diuntungkan dan lainnya dirugikan. Contoh simbiosis parasitisme:

1) Tali putri yang menempel pada tumbuhan inang
Tali putri tidak memiliki klorofil sehingga tidak dapat berfotosintesis. Oleh karena itu, tali putri menyerap sari-sari makanan dari tumbuhan inang. Tumbuhan inang dirugikan karena sari-sari makanannya diserap oleh tali putri. Apabila tali putri dibiarkan terus menempel pada tumbuhan inang, lama-kelamaan tumbuhan inang akan berpenyakit dan mati.

2) Benalu yang menempel pada tumbuhan inang
Benalu memiliki klotofil sehingga dapat berfotosintesis. Namun, air dan garam mineral (bahan fotosintesis) diperolehnya dari tumbuhan inang. Tumbuhan inang dirugikan karena air dan garam mineralnya diserap oleh benalu.

3) Rafflesia arnoldi dengan tumbuhan inang 
Rafflesia arnoldi tidak memiliki akar, batang, dan daun sehingga tidak bisa berfotosintesis. Rafflesia arnoldi menyerap sari-sari makanan dari tumbuhan inang. Akibatnya, lama-kelamaan tumbuhan inang akan mati.

4) Cacing parasit dalam usus manusia
Cacing parasit seperti cacing pita dan cacing tambang tumbuh di dalam usus manusia. Cacing parasit tersebut mendapatkan keuntungan, sedangkan manusia dirugikan. Cacing pita memperoleh sari-sari makanan pada usus manusia. Sementara cacing tambang menyerap darah manusia sehingga dapat membahayakan kesehatan tubuh manusia.

5) Kutu rambut di kepala manusia
Kutu rambut mengganggu kepala manusia karena menghisap darah dan mencari makanan di kulit kepala.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian, Jenis Simbiosis Serta Contohnya :: Materi IPA SD Kelas IV

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berikan Komentar terbaik mu, boleh cantumkan link blog anda asalkan sesuai dengan topik materi