BERBAGI ILMU YANG BERMANFAAT

Monday, January 14, 2019

Keadaan Atmosfer Planet-Planet Dalam Tata Surya

Keadaan Atmosfer Planet-Planet Dalam Tata Surya

Merkurius menginformasikan faktor penting lainnya menyangkut temperatur permukaan, serta ada-tidaknya atmosfer. Merkurius tidak memiliki atmosfer yang dapat dilihat seperti bulan kita. Alasannya adalah, karena kecilnya gravitasi permukaan, akibat kecilnya massa Merkurius. Gravitasi permukaannya hanya 36 persen gravitasi permukaan bumi, sedang gravitasi permukaan bulan hanya 1/6-nya. kekuatan gravitasi permukaan benda mana pun, Merkurius atau bulan, tak cukup untuk menahan atmosfer besar.

Jika Merkurius mempunyai atmosfer, ia akan menjebak panas seperti jendela rumah panas, membiarkan masuk radiasi gelombang pendek matahari, tapi menahan gelombang panas panjang yang mencoba meloloskan diri, dengan demikian sedikit menaikkan temperatur rata-rata. Di sisi lain, sirkulasi atmosfer cenderung menyamakan temperatur sisi yang terkena sinar matahari dan sisi yang gelap. Angin dari sisi yang terkena sinar matahari membawa panas ke sisi yang gelap, angin dari sisi yang gelap membawa dingin ke sisi yang terkena sinar matahari, sehingga mengahaluskan ekstrem kedua sisi. Pada planet yang tak berotasi, angin-angin itu akan menjadi sangat kencang, karena tetap ada perbedaan temperatur meskipun kesamaan temperatur bisa dibuat oleh angin tersebut. Di Merkurius, ketiadaan rotasi dan atmosfer, tentu tidak bisa menghaluskan atau menyamakan ekstrem berlawanan panas dan dingin yang hebat.

Atmosfer dari planet-planet raksasa kekurangan oksigen, karbondioksida, dan uap air, tapi mempunyai nitrogen, gas lebih ringan hidrogen dan helium, dan campuran kuat metana (gas rawa mematikan), membuat mereka semua jadi beracun untuk makhluk hidup. Yupiter dan Saturnus memperlihatkan banyak gas pedas amoniak, yang dikeluarkan dari atmosfer dingin Uranus dan Neptunus. Bagaimanapun, atmosfer yang baik tak akan cukup untuk planet-planet jauh ini, karena temperatur mereka terlalu rendah untuk eksistensi kehidupan. Karena terlalu tingginya temperatur, Merkurius tak mempunyai kehidupan, sedangkn dingin yang berlebihan, juga menyingkirkan semua planet dan satelit di luar Mars dari kemungkinan berdiamnya kehidupan di dalamnya. Juga karena temperaturnya, empat planet raksasa tidak mempunyai uap air dalam atmosfernya. karena itu, hanya tiga Planet Venus, Bumi, dan Mars yang mengizinkan munculnya bentuk kehidupan. Bumi telah kita ketahui, marilah kita mempertimbangkan Venus dan Mars secara lebih dekat.

Lanjutannya baca: Kondisi Planet Venus yang Menyerupai Bumi

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Keadaan Atmosfer Planet-Planet Dalam Tata Surya

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berikan Komentar terbaik mu, boleh cantumkan link blog anda asalkan sesuai dengan topik materi