BERBAGI ILMU YANG BERMANFAAT

Sunday, October 20, 2019

Pengertian Wawasan Nusantara Lengkap

Pengertian Wawasan Nusantara

1. Secara Etimologis

Terdapat tiga arti:
a. Wawasan mengandung arti pandangan, tinjauan, penglihatan, atau tanggapan indrawi. Selain menunjukkan kegiatan untuk mengetahui serta arti pengaruh-pengaruhnya dalam kehidupan berbangsa, juga melukiskan cara pandang, cara tinjau, cara lihat atau cara tanggap indrawi.

b. Nasional menunjukkan kata sifat yang berbentuk kata nation yang berarti bangsa yang telah mengidentikkan diri dalam kehidupan menegara atau secara ringkas dapat dikatakan bangsa yang telah menegara.

c. Nusantara dipergunakan untuk menggambarkan kesatuan wilayah perairan atau gugusan pulau-pulau Indonesia yang terletak di antara Samudra Pasifik dan Samudra Indonesia dan di antara Benua Asia dan Benua Australia.

2. Secara Terminologis

a. Wawasan nasional adalah cara pandang suatu bangsa yang perwujudannya atau manifestasinya ditentukan oleh dialog dinamis dari bangsa tersebut dengan lingkungannya sepanjang sejarahnya sebagai kondisi obyektif dan geografis maupun kebudayaan sebagai kondisi subyektif, serta idealistik yang dijadikan aspirasi dari bangsa yang merdeka berdaulat dan bermartabat. Wawasan nasional merupakan cara pandang suatu bangsa tentang diri dan lingkungannya. Wawasan ini merupakan penjabaran dari falsafah bangsa sesuai dengan keadaan geografis suatu bangsa serta kronologis sejarah yang dialaminya.

Wawasan nasional ini menentukan:
(1) Bagaimana bangsa itu memanfaatkan kondisi geografis kronologis sejarah, serta kondisi sosial budayanya dalam mencapai cita-cita dan menjamin kepentingan nasional.
(2) Bagaimana bangsa itu memandang diri dan lingkungannya.

b. Wawasan nusantara diartikan sebagai cara pandang Bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya berdasarkan ide nasionalnya yang dilandasi Pancasila dan UUD 1945, yang merupakan aspirasi bangsa Indonesia yang merdeka, berdaulat dan bermartabat serta menjiwai tata hidup dan tindak kebijaksanaannya dalam mencapai tujuan nasional.

3. Secara Epistemologi

Wawasan nusantara adalah:
Cara pandang, cara memahami, cara menghayati, cara bersikap, bertindak, berfikir dan bertingkah laku bagi bangsa Indonesia sebagai hasil interaksi proses-proses psikologis, sosiokultural dengan aspek-aspek ASTA GATRA.

Kepentingan Nasional

Wawasan nusantara dalam wujudnya akan merupakan suatu gejala sosial yang bergerak/bekerja menyelenggarakan dan menjamin kelangsungan hidup seluruh bangsa dan negara Indonesia, atau dengan perkataan lain menyelenggarakan dan menjamin kepentingan nasional, yang pada dasarnya menyangkut kepentingan-kepentingan keamanan nasionaldna kesejahteraan nasional.

Berbicara mengenai kepentingan nasional berarti mengenai serta memperhatikan segala apa yang menjadi syarat yang diperlukan untuk dapat mewujudkan tujuan nasional. Misalnya kepentingan nasional keamanan nasional diperlukan syarat-syarat: kondisi yang dinamis yang dapat mengembangkan stabilitas nasional dalam segala aspek kehidupan bangsa. Sedangkan untuk menjamin kesejahteraan nasional diperlukan syarat-syarat antara lain: pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi, pemerataan hasil-hasil pembangunan, serta dinamika sosial budaya yang harmonis. 

Dengan demikian, Indonesia secara nasional mempunyai cara pandang yang menyeluruh untuk menyelenggarakan dan menjamin kelangsungan hidup seluruh rakyat, bangsa dan negara yang merupakan cerminan dari Pancasila sebagai dasar negara.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Wawasan Nusantara Lengkap

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berikan Komentar terbaik mu, boleh cantumkan link blog anda asalkan sesuai dengan topik materi